Kamis, 12 September 2013

Pengenalan Sistem Operasi


Sistem operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi digunakan untuk mengeksekusi program user dan memudahkan menyelesaikan permasalahan user. Selain itu dengan adanya sistem operasi membuat sistem komputer nyaman digunakan. Sistem operasi mempunyai tujuan untuk menggunakan perangkat keras komputer secara efisien.
Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.
Sistem operasi utama yang digunakan komputer umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

1. Keluarga Microsoft Windows
Yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).

2. Keluarga Unix
Yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

3. Mac OS
Adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

Jenis Sistem operasi dibagi menjadi 2 :
1. Sistem Operasi berbasis GUI
Interaksi dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh sistem operasi berbasis GUI adalah Windows, Machintos, Linux.

2. Sistem Operasi berbasis Text
Interaksi dilakukan oleh user dengan cara mengetikkan perintah-perintah berupa teks pada sistem operasi.


3. Spesifikasi Minimal Untuk Menginstal Sistem Operasi
Spesifikasi Windows 98 :
- Prosesor 66 MHz
- RAM 16 MB
- VGA 2 MB
- 225 MB Free Harddisk Space

Spesifikasi Windows XP :
- Prosesor 233 MHz
- RAM 64 MB
- VGA 2 MB
- 3 GB Free Harddisk Space

Spesifikasi Windows Vista :
- Prosesor 800 MHz
- RAM 512 MB
- VGA 64 MB
- 15 GB Free Harddisk Space Jika ingin menggunakan tampilan Aero, maka: - Prosesor 1GHz - RAM 1 GB - VGA 128 MB dengan DirectX 9.0 Support

Spesifikasi Windows 7 :
- Prosesor 1GHz
- RAM 1 GB
- VGA 128 MB dengan DirectX 9.0 Support
 - 16 GB Free Harddisk Space

Spesifikasi Ubuntu :
- Prosesor 300 MHz
 - RAM 64 MB
- VGA 2 MB - 4 GB Free Harddisk Space

Spesifikasi Windows MAC OS X Snow Leopard :
- Mac Computer dengan prosesor Intel
- RAM 1 GB
- VGA 128 MB
- 5 GB Free Harddisk Space

Tidak ada komentar:

Posting Komentar